Kontak : ( +62 ) 813 2770 0066
Senin - Sabtu : 08.00 - 18.00
Selasa, 03 September 2019

Pelatihan Produksi Gula Palma Kementerian Perindustrian

Untuk peningkatan kualitas dan kuantitas gula semut organik ( Organic Coconut Sugar ), Kementerian Perindustrian mengadakan pelatihan produksi dan GMP di pengrajin gula semut organik anggota  ICS Agroberdikari yang tergabung dalam kelompok Nira Sumber Rejeki Desa Wonoharjo dan Kelompok Nira Budi Rahayu Desa Giyanti Kecamatan Rowokele.  Kegiatan yang diadakan dihotel Candisari dari tanggal 3 sampai 6 September 2019 ini di buka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, Widiatmoko, SH. MH.




Proses pelatihan yang difasilitasi Perhimpunan Setara Purwokerto dilakukan dengan metode partisipatif dan model pendekatan Pembelajaran Orang Dewasa (POD), menjadikan suasana belajar lebih hidup. Dimana dalam model ini peserta diberikan informasi baru dengan diintegrasikan dengan pengalaman keseharian yang biasa dilakukan. Karakteristik petani gula kelapa yang sibuk berkutat dengan pekerjaan dan urusan rumah tangga memang menjadikan pentingnya model training yang disesuaikan dengan latar belakang peserta. Sehingga maksud dan tujuan pelatihan dapat tercapai.

Hari kedua, Materi GMP difasilitasi oleh Astin Atsna K, SP. MP. dari CV Hugo Inovasi. GMP (Good Manufactoring Product) merupakan syarat dasar untuk menjamin makanan agar layak dan aman dikomsumsi.


 





Dalam kesempatan ini, Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan peralatan untuk membuat gula semut kepada peserta.  Terdiri dari wajan untuk masak nira, pongkor foodgrade, loyang dan peralatan lainnya. Bantuan tersebut bagian dari standarisasi peralatan untuk mendukung pengrajin supaya memproduksi gula organik dan berkualitas.

2 komentar:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus