Kontak : ( +62 ) 813 2770 0066
Senin - Sabtu : 08.00 - 18.00
Kamis, 04 Juni 2020

Cara Membuat Gula Semut Rasa Jahe



Selain gula semut natural, juga ada varian gula semut jahe. Gula semut jahe merupakan ramuan herbal yang menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Tinggal diseduh dengan segelas air hangat, gula semut jahe ini nikmat sekali menjadi teman minum pagi atau sore hari. Gula semut jahe ini dibuat dengan menambahkan kandungan jahe pada saat memasak nira. Jahe, merupakan tanaman rimpang yang banyak digunakan sebagai rempah rempah dan obat. Jahe beraroma segar dan hangat pedas. Dibeberapa rumah tangga penderes  sudah mulai banyak yang membuat gula jahe ini karena harganya jualnya lebih tinggi dibanding gula semut natural. Harga gula jahe  biasanya mengikuti  harga jahe yang fluktuatif. Jahe yang digunakan biasanya jahe merah dan jahe emprit. Kalau jahe merah rasanya tidak terlalu pedas. Sedangkan jahe emprit rasanya lebih pedas dan sdikit ada pahitnya.

Cara pembuatannya relatif mudah. Dengan  6 liter nira, maka jahenya sebanyak 600 gr. Tahap pertama, nira dimasak terlebih dahulu diwajan dengan memakai tungku masak gula kelapa. Nira ini dipilih nira yang bagus, bening dan segar. Sambil menunggu nira mendidih, jahe dicuci bersih kemudian diparut, diperas dan disaring dengan saringan mess 100. Air hasil saringan didiamkan dulu sekitar 1 jam agar aci jahe mengendap. Selanjutnya air jahe dimasukkan ke nira yang  hampir matang. Setelah nira matang,  proses pembuatan seperti membuat gula semut yaitu diguser dengan batok kelapa hingga mengkristal dan diayak dg ayakan mess 16 atau 18.

Manfaat dari gula semut jahe ini, bukan hanya menghangatkan tubuh saja,  juga memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh, diantaranya yaitu melancarkan  pencernaan makanan di perut dan meredakan mual. Jahe  mengandung anti inflamasi yang meringankan masalah otot dan persendian. Gula semut jahe ini juga mengatasi gejala pernafasan. Bahkan tingginya antioksidan yang terdapat dalam jahe dapat memperkuat ketahanan tubuh kita.

Nah, bagi yang tidak mempunyai waktu untuk membuat gula semut jahe ini. kami menyediakan jahe kemasan yang tinggal seduh. Pas untuk menjaga daya tahan tubuh disaat musim pandemi ini.

3 komentar:


  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  2. Menarik sekali. Terima kasih atas ilmunya.

    Susu formula

    BalasHapus