Kontak : ( +62 ) 813 2770 0066
Senin - Sabtu : 08.00 - 18.00
Senin, 01 Juni 2020

Sertifikasi Organik Gula Kelapa

Salah satu komoditas pertanian yang mempunyai pasar dunia yang cukup bagus saat ini adalah gula kelapa semut organik (Organik Coconut Sugar). Permintaanya semakin hari semakin meningkat. Ini merupakan peluang bagi Indonesia sebagai negara penghasil gula kelapa. Pasar ekspor ke negara mensyaratkan adanya sertifikasi organik yang diakui oleh pasar dunia. Sertifikasi organik ini dilakukan oleh lembaga independen yang menjamin bahwa proses produksi, dari budidaya tanaman di kebun, pengolahan di petani, proses  lanjutan di CPU (Central Processing Unit) secara jelas telah memenuhi standar organik. Produk juga dapat di telusur secara jelas dan pasti dari awal hingga konsumen.

ICS atau Internal Control System dibentuk untuk menjalankan sistem penjaminan mutu produk. Produksi yang dilakukan oleh ratusan bahkan ribuan petani dirumah masing masing petani dengan tempat produki yang terpisah pisah tersebut, diperlukan model penjaminan mutu yang sistematis. Tim ICS dibentuk beranggotakan para petani tersebut dengan SOP ( Standar Operational Procedur ) yang disepakati dan dijalankan  bersama. SOP mengatur praktek praktek tahapan produksi dengan standar organik, dari proses produksi sampai pasca panen.

Sebelum anggota ICS didafatar sebagai petani organik, seluruh anggota ICS diberikan training tentang pertanian organik dan system pengawasan internal (ICS). Agar petani paham dan dapat menjalankan SOP dengan baik. Untuk memberikan pemahaman ini memang tidak mudah, karena itu biasanya diikuti dengan praktek dan pendampingan selama petani menjalankan pekerjaanya.Biasanya rumah dan kebun anggota ICS tersebar dibeberapa desa. Untuk memudahkan pengorganisasian ICS, dibentuk kelompok kelompok tani di tingkat desa.

Pendaftaran petani dilakukan oleh pengurus ICS disertai dengan kesepakatan kerjasama dan perjanjian petani (Farmer Agreement) untuk menjalankan SOP ICS. Pendaftaran petani dengan melakukan pengisian Form yang meliputi luas kebun kelapa, nama pemilik, jumlah tanaman kelapa yang dideres, produksi perhari, cara produksi dn lainnya. Pengurus ICS menyimpan dokumen tersebut, juga menyimpan dokumen kegiatan yang dilakukan oleh ICS, seperti pelatihan, pertemuan dan pembukuan produksi dan temuan - temuan selama melakukan inspeksi.



 Gambar 1. Inspeksi Internal di Ruang Produksi Petani oleh Tim ICS

 Setelah pendaftaran selesai, dilakukan Inspeksi Internal untuk melihat kesesuaian dakumen dan kondisi dilapangan yang dilakukan oleh tim ICS yang diberi tugas sebagai inspektor internal. Inspeksi Internal ini selanjutnya selama sertifikasi berjalan, dilakukan minimal sekali dalam satu tahun. Setelah Inspeksi Internal, dilakukan Inspeksi Eksternal yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi yang ditunjuk selama satu tahun sekali. Sebenarnya apa yang dilakukan audit eksternal ini hampir sama dengan Inspeksi Internal meliputi  pemerikasaan fisik penuh dari lahan, pengolahan, pengemasan, dan pemasaran. Pemeriksaan tersebut sangat rinci, misalnya kebun di cek keorganikannya, posisinya dari jalan raya, sejarah lahan, batas kebun, kebersihan kebun dari sampah unorganik, kapan terakhir memakai pupuk dan zat kimia dan  bagaimana cara pengolahan tanahnya.  Saat audit eksternal ini, sample tanah, dan tanaman diambil untuk di lab kan agar diketahui ada tidaknya kontaminasi dari kebun tersebut. Juga sample produk, untuk melihat keorganikan selama proses produksi.  Inspeksi tanpa pemberitahuan  ( unannounced ) juga dilakukan setiap tahun sekali oleh lembaga sertifikasi untuk memeriksa kesesuaiannya.



Gambar 2. Inspeksi Eksternal di Kebun Kelapa oleh lembaga sertifikasi independen

Setelah dilakukan Inspeksi Eksternal, certfier lembaga sertifikasi akan melakukan review hasil audit, apakah sertifikat organik bisa dikeluarkan atau tidak. Apabila masih ada temuan ketidaksesuian atau non-conformities (NC) maka akan ada perbaikan perbaikan dengan diberikan jangka waktu penyelesaiannya.



3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    Bismillah... perkenalkan sy pak anas dari banjarnegara. Kami berminat membantu memasarkan produk dari CV. Agro Berdikari ke luar negeri dg lebih luas. Bisakah kami dapat kontak person CV. Agro Berdikari? Terimakasih

    BalasHapus