Kontak : ( +62 ) 813 2770 0066
Senin - Sabtu : 08.00 - 18.00
Kamis, 11 Juni 2020

Pohon Kelapa Genjah Pak Syukur

Salah satu yang sangat menentukan kualitas dan kuantitas nira adalah pohon kelapa. Pohon kelapa yang berasal dari bibit yang bagus dan terawat dengan baik tentu berbeda dengan bibit seadanya. Salah satu petani yang memiliki bibit unggul adalah Pak Sukur  yang berasal dari Somagede Kabupaten Banyumas. Beliau memiliki induk kelapa yang, Pak Sukur menyebut dengan nama genjah. Seperti ditulisan tentang pohon kelapa genjah sebelumnya, petani menyebut kelapa genjah untuk pohon yang produksinya bagus.  Pohon kelapa genjah milik salah satu petani organik dampingan Agroberikari ini sudah dapat dideres pada umur 4 tahun. Hasilnyapun cukup banyak untuk tanaman kelapa yang masih berumur 8 tahun. Rata - rata setiap pohonnya dapat menghasilkan 0,4 ons perhari. Jadi jika menderes skitar 20 pohon maka bisa menghasilkan 7 kg lebih.


Gambar 1. Pohon kelapa genjah Pak Sukur berumur 1 dan 2 tahun

 

Gambar 2. Pohon kelapa berumur 4 dan 8 tahun

Selama ini ada petani membibitkan sendiri kelapanya yang diambilkan dari tanaman kelapa yang paling bagus produksinya. Namun kebanyakan lagi petani memiliki pohon kelapa dari tunas kelapa yang tumbuh sendiri di kebun secara tidak sengaja.Hal tersebut menyebabkan jumlah nira yang dihasilkan setiap pohonnya sangat bervariasi. Misal seorang penderes menderes 30 pohon bisa 20 pohon hasilnya banyak sedangkan pohon lainnya kurang. Tetapi penderes tetap saja menderes pohon yang hasilnya sebenarnya kurang karena untuk menambah jumlah deresan lainnya. Untuk itu sebaiknya petani menyiapkan bibit yang lebih baik untuk mengganti tanaman yang kurang banyak hasilnya tersebut, namun kebanyakan petani membiarkan saja dengan alasan waktu tanam sampai bisa dipanen cukup lama, 4 sampai 7 tahun.

Saat ini pak Syukur  terus melakukan pembibitan yang diambilkan dari bibit induk genjahnya, sehingga tanaman  kelapanya menghasilkan nira yang maksimal. Apa yang dilakukan pak Sukur dengan membuat pembibitan yang baik ini semoga bisa menjadi inspirasi petani lain untuk memperhatikan bibit kelapanya.

2 komentar: